Iklan

Iklan

Riset Uji Klinis Obat COVID-19, KSAD Siap Bantu IAI

Berita Publik, Riset Uji Klinis Obat COVID-19, KSAD Siap Bantu IAI
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: ANTARA/HO
Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Dekan Fakultas Farmasi Unjani berkunjung ke Markas Besar Angkatan Darat dan disambut langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dalam peremuan tersebut, dibahas tentang pengajuan kerja sama penanganan COVID-19 antara IAI dengan TNI AD. 

"Pembahasan utama dalam pertemuan ini adalah riset uji klinik obat COVID-19 karena IAI akan melaksanakan riset terhadap obat yang bahan bakunya asli dari Indonesia di antaranya kina dan " Kata Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat IAI Keri Lestari, Kamis (20/08/2020).

"Kami dari Apoteker Indonesia menyikapi situasi COVID-19 yang saat ini luar biasa baik dari segi obat atau vaksinya. Sehingga kami ada beberapa riset yang dilakukan uji klinik karena itu memang kompetisi bagi kami. Kalau menggunakan obat-obatan Indonesia maka pengendalian pandemi paralel dengan aktivasi Indonesia," katanya keri.

Selain itu, untuk perizinan uji klinik dari Badan POM, sudah hampir selesai sehingga jika kerja sama ini diterima oleh TNI AD maka riset uji klinis pada kina untuk menjadi obat COVID-19 segera berjalan. IAI juga akan melibatkan Fakultad Farmasi Unjani dalam riset. Menyikapi hal tersebut, Jenderal Andika mengaku siap untuk mendukung penuh. Apalagi hal ini untuk bisa melawan pandemi COVID-19. 

"Saya akan mendukung untuk riset itu. Segera lakukan pertemuan untuk paparan lebih jelas lalu lanjutkan dengan MoU dan langsung jalankan. Kita harus cepat karena ini adalah solusi untuk seluruh pihak tanpa terkecuali," kata Andika.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Terkini