Iklan

Iklan

Sistem Rekayasan Jaringan Telkomsel Dipertanyakan

Berita Publik, Sistem Rekayasan Jaringan Telkomsel Dipertanyakan
Kebakaran STO Telkomsel
MEDAN - Akibat fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru terbakar pada Selasa (11/8/2020) pukul 14.30  WIB mengakibatkan Jaringan internet Telkomsel padam hingga berjam-jam diwilayah Sumatera. Namun, di mana redundant sytem Telkom?

Redundant sytem Telkom  terdapat banyak perangkat yang mendukung layanan suara, SMS maupun layanan data, disana merupakan tempat pusat sistem telekomunikasi operator berada, kata Ketua Program Studi Magister Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Yosef M. Edward.

Redundant system atau sistem rekayasa berguna mengatur peralihan jaringan, sehingga satu jaringan terputus maka dapat mengalir lewat jalur lainnya, sehingga layanan yang diberikan tetap terjaga dan juga merupakan sebuah sistem yang berguna untuk mengantisipasi ketika terjadi gangguan jaringan.

Ian Yosef meyakini bahwa Telkom memiliki sistem rekayasa atau redundant system yang baik sehingga ketika menghadapi gangguan, layanan akan segera dialihkan ke sistem yang lain, hasilnya meskipun tidak 100 persen layanan kepada pelanggan dapat segera dipulihkan.

Mungkin disinyalir terdapat gangguan dalam sistem rekayasa tersebut karena dalam waktu lama layanan tersebut tidak segera pulih.

"Seharusnya cepat beralihnya karena Telkom punya ring serat optik, ini mungkin ada masalah lain karena lambat", kata Ian Yosef

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo angkat bicara mengenai hal tersebut, Ia mengatakan bahwa saat ini TelkomGroup sedang melakukan  proses pemulihan layanan dan melakukan mitigasi. Atas ketidaknyamanan pelanggan, Pihaknya meminta maaf.


"Kepada pelanggan yang senantiasa setia pada layanan Telkom Group kami mengucapkan Terimakasih dan juga kepada emua pihak yang telah membantu pemulihan peristiwa ini", Pungkas Arif.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Terkini