Iklan

Iklan

Cage : Tak Ada Alasan Aparat Halangi Massa Yang Ingin Kibarkan Bendera Aceh

Berita Publik, Cage : Tak Ada Alasan Aparat Halangi Massa Yang Ingin Kibarkan Bendera Aceh
Cage : Tak Ada Alasan Aparat Halangi Massa Yang Ingin Kibarkan Bendera Aceh
BANDA ACEH - Terkait kericuhan massa dan aparat di Meuligoe Wali Nanggroe Aceh saat  peringatan 15 tahun perdamaian Aceh, Sabtu (15/08/2020), Juru Bicara Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat, Azhari Cage angkat bicara.

Mantan anggota DPRA itu mengatakan bahwa aparat tidak seharusnya menghalangi pngibaran bendera bulan bintang karena waga hanya ingin merayakan hari damai Aceh.

Pemerintah tidak ada alasan melarang warga yang ingin mengibarkan bendera tersebut. Sebab menurut Cage, Bendera tersebut sesuai nota kesepahaman MoU Helsinki pada 15 Agustus 2005 dan merupakan amanah dari perjanjian damai antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan RI.

"Kita sudah melakukan perundingan, kita meminta bendera yang sudah disita tersebut dikembaikan" Ungkap Cage.

Masih menurut Cage, Warga hanya ingin melihat bendera bulan bintang berkibar di Meuligoe Wali Naggroe Aceh meskipun hanya 20 menit.

"Kita berharap ini terlaksana dengan damai, intinya kita saling berkoordinasi", ujar Cage.

Aparat saat ini masih berkoordinasi dengan Panglima Kodam Iskandar Muda dan Kapolda Aceh.  

Pengibaran Bendera Bulan Bintang, tambah Cage, telah memiliki payung hukum dalam Undang-undang Pemerintah Aceh dan qanun nomor 3 tahun 2013 yang disahkan oleh DPR Aceh dan Gubernur Aceh." jadi ksi pengibaran bendera bulan bintang sudah legal", pungkasnya.

Editor : Fadli

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Terkini