Iklan

Iklan

Dana Hibah APBK yang sia-sia, Pembangunan Gapura di Bawah Pengelolalan Dinas Sosial Aceh Utara diroboh ratusan Masyarakat,

Bangunan Gapura yang sudah diroboh ratusan warga, sumber berita merdeka
Berita Publik.Com – Satu unit Baguna Gapura tampak roboh di desa perbatasan Bintang Hu dan Matang Panyang. Bangunan tersebut dibagun Oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang bersumber dari APBK tahun 2019 dengan sistim swakelola. Selasa (28/1/2020).

Menurut penuturan warga Murtala dilokasi semalam (24/1/2020) sekitar pukul 21.00 ratusan masyarakat Bintang hu merobohkan gapura dengan menghancurkan dengan palu, lingis dan seutas tali untuk menarik Gapura hinga rata dengan tanah.
Dari pantauan Berita Publik, tampak terlihat bangunan hancur rata dengan tanah. Sedangkan untuk angaran pembagunan gapura bersumber APBK 2019 dengan nilai anggaran 29 Juta Program Keserasian Sosial dengan sistim swakelola.
Untuk lokasi pembagunan di Baktiya Barat dibagun di titik Penghubung Gampong matang Panyang berbatasan dengan Gampong Pucuk Alue Buket, Kecamatan Baktiya Barat.
Kepala Desa Bintang Hu Mawardi melalui via seluler, mengatakan, ia membenarkan ratusan warganya membongkar paksa gapura, hal; tersebut disebabkan karena tapal batas desa yang belum jelas dan sudah beberapa kali mediasi penyelesaiaan dilakukan dengan cara baik baik. Namun, tidak membuahkan hasil maka masyarakat membongkar gapura.
Gapura sebelum diroboh
Lanjutnya, Paket pembangunan gapura ini seharusnya di bangun di batas wilayah Pucok Alue Buket dengan Matang Payang, tetapi faktanya dibangun di tapal batas antara Matang Payang dengan Bintang Hu. “kami tahu setelah dipasang prasasti ini menyebabkan ratusan warga Bintang Hu tidak terima dan membongkarnya,” Terang Kepala Desa Bintang.
Ditambahkannya, dari awal jelas masyarakat telah menolak pembagunan Gapura tersebut, dengan tema anggaran APBK bangunan keserasian sosial intinya orang yang tidak serasi menjadi serasi bukan sebaliknya malah bentrok seperti ini. Namun pihaknya tidak ada maksud untuk bentrok dengan orang Matang panyang.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Terkini